Penemuan Kendaraan Self Balancing yang Anti Kecelakaan

Penemuan Kendaraan Self Balancing yang Anti Kecelakaan

Semakin meningkatnya angka kecelakaan lalu lintas membuat para peneliti mulai mencari inovasi dan kreasi kendaraan baru. Para peneliti terus bekerja untuk mengembangkan kendaraan yang dapat mengantisipasi kecelakan di jalan raya. Hal ini juga untuk menekan angka kecelakaan yang menimbulkan korban jiwa. Perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat para peneliti bersemangat untuk menemukan inovasi baru kendaraan yang ramah lingkungan serta dapat menjamin keselamatan pengendaranya. Penemuan terbaru adalah kendaraan self balancing dimana kendaraan ini akan tetap menjaga keseimbangannya secara otomatis sehingga tidak terjatuh walaupun tengah mengalami kecelakaan berkendara. Penemuan kendaraan self balancing ini baru pada tahap prototype dengan desain kendaraan roda dua berbentuk kapsul. Kendaraan ini dibekali dengan alat untuk menjaga keseimbangan di bagian bawah mesin. Alat ini akan membantu menjaga keseimbangan kendaraan kita sehingga tidak akan terjatuh. Alat ini berupa pendulum dengan desain khusus yang akan bekerja sesuai dengan kemiringan kendaraan kita.

Tahapan Uji Coba Kendaraan Self Balancing

Penemuan Kendaraan Self Balancing yang Anti Kecelakaan

Pada tahap uji coba kendaraan ini dilakukan dengan beberapa tahap. Tahap pertama adalah pada saat kendaraan berakselerasi di jalanan menikung. Pada jalan meningkung kendaraan ini mampu menjaga keseimbangannya secara sempurna sehingga mudah untuk dikendalikan. Selanjutnya adalah tes pengereman mendadak. Pada tahap ini kendaraan akan dipacu dengan sangat cepat dan harus melakukan pengereman ekstrim. Pada saat pengereman kendaraan ini juga mampu untuk tetap berdiri tegak tanpa terjatuh walapun bagian belakang kendaraan sedikit terangkat ke atas.

Tahap akhir dari uji coba ini adalah tes kecelakaan. Kendaraan ini akan secara sengaja ditabrakkan pada dinding atau trotoar jalan dan juga akan dilakukan tes kecelakaan dengan menabrakkan kendaraan satu dengan yang lainnya. Dari tes tersebut berhasil membuat para peneliti terkagum karena kendaraan ini mampu tetap berdiri tegak dan juga dapat melindungi pengendara dari cedera serius walaupun telah terjadi kecelakaan atau menabrak sesuatu. Dengan hasil uji coba ini para peneliti merasa lebih bersemangat untuk melanjutkan penelitian. Penemuan kendaraan self balancing disambut baik oleh pengusaha otomotif terutama pengusaha pabrikan motor. Diharapkan dengan sempurnanya kendaraan ini akan menjadi salah satu penemuan mutakhir abad ini dan menjadikan berkendara di jalanan lebih aman dan nyaman sehingga tidak akan terjadi kecelakaan yang menimbulkan korban jiwa.

Tahap Akhir Penyempurnaan Penemuan Kendaraan Self Balancing

Penemuan Kendaraan Self Balancing

Kendaraan self balancing merupakan salah satu kendaraan yang diidam-idamkan banyak orang. Kendaraan ini mampu menambah tingkat keselamatan berkendara sehingga akan menekan angka kecelakaan lalu lintas yang terjadi. Keselamatan di jalan merupakan tanggung jawab para pengguna jalan. Namun, dengan adanya penemuan kendaraan self balancing diharapkan para pengguna jalan tidak lagi merasa khawatir dan takut lagi untuk berkendara.

Tahap akhir penyempurnaan kendaraan dilakukan dengan cara menyempurnakan desain dari kendaraan agar terlihat lebih baik dan juga mampu menyesuaikan dengan lingkungan. Penggarapan desain kendaraan dengan membagi kendaraan menjadi beberapa kelas sesuai dengan cc dari mesin kendaraan. Hal ini pun merujuk pada kelas kendaraan roda dua zaman sekarang. Penyempurnaan juga terjadi pada alat keseimbangan dengan mengubah desain menjadi lebih kecil dan tak terlalu membutuhkan banyak ruang. Desain body kendaraan pun tak luput dari sasaran penyempurnaan agar kendaraan terlihat lebih bervariasi dan tidak monoton.

Para peneliti terus berusaha mengembangkan jenis kendaraan bermotor ini dengan bekerja sama dengan teknisi terbaik agar mendapatkan hasil akhir yang diimpikan. Kedepannya kendaraan ini akan dipublikasikan untuk umum serta diharapkan akan mampu menarik hati masyarakat di seluruh dunia. Para peneliti juga berkeinginan untuk membuat inovasi baru kendaraan dimana dapat berkendara secara otomatis. Namun tahap ini masih menjadi angan-angan peneliti karena konstruksi dan fasilitas jalanan sekarang ini belum memadai untuk kendaraan self driving.

Selain kabar baik yang telah dikemukakan di atas, terdapat juga hambatan yang terjadi selama pengembangan penemuan kendaraan self balancing. Mahalnya biaya penelitian dan pengembangan menjadi masalah utama molornya rencana penemuan ini. Saat ini para peneliti terus mencari sponsor yang mampu membiayai semua anggaran penelitian. Pihak peneliti juga ingin bekerja sama dengan pemerintah agar proyek ini dapat berjalan dengan lancar. Tahapan akhir dari penemuan ini adalah kendaraan publik yang ramah lingkungan serta dengan keamanan tingkat tinggi sehingga para pengendara dapat berkendara dengan nyaman dan aman tanpa khawatir lagi terjadinya kecelakaan yang memakan korban jiwa. Dengan begini jalan raya akan menjadi tempat yang aman bagi pengendara dan juga bagi pengguna jalan lain seperti para pejalan kaki dan juga pesepeda. Namun sekali lagi tegaskan bahwa keamanan dan kenyaman di jalan adalah tanggung jawab semua pengguna jalan tanpa terkecuali. Jadi kita harus tetap berkendara secara aman di jalan.