Ketahui Kisah Penemuan Mobil Hibrid dan Jenis-Jenisnya

Ketahui Kisah Penemuan Mobil Hibrid dan Jenis-Jenisnya

Zaman sekarang semua orang pasti mengetahui mobil. Mobil adalah salah satu alat transportasi yang cukup digemari karena nyaman dan aman. Umumnya, bahan bakar yang digunakan mobil andalah bensin. Namun tahukah anda jika ada mobil yang menggunakan dua jenis bahan bakar? Mobil ini disebut sebagai mobil hibrid dan ternyata bukan merupakan sebuah penemuan baru. Penemuan mobil hibrid terjadi pada awal tahun 1900an. Penemu pertama mobil dengan dua bahan bakar adalah Ferdinand Porsche pada tahun 1902. Mobil hibrid pertama menggunakan dua bahan bakar yaitu bensin dan baterai. Selanjutnya tahun 1916 mobil Woods Dual Power 44 Coupe juga menggunakan teknologi yang sama. Bahkan mobil ini sempat dipajang di sebuah pameran di Detroit, Amerika Serikat. Mesin mobil Woods menggunakan emat silinder sehingga bunyinya lebih halus yang ditambah dengan tenaga penggerak dari satu set baterai. Kecepatan mobil ini adalah 15 mph dengan kecepatan maksimal 15 mph. Pembuat mobil hibrid keluaran Woods adalah Clinton Edgar Woods, dia juga penulis pertama mobil listrik. Masa jaya mobil tenaga hibrid adalah tahun 1911 sampai 1918. Setelah itu, minat masyarakat terhadapt mobil hibrid mulai surut.

Alasan Mengapa Minat Masyarakat Terhadap Mobil Hibrid Turun

Ketahui Kisah Penemuan Mobil Hibrid dan Jenis-Jenisnya

Penemuan mobil hibrid ternyata sudah seabad lebih. Dulu, harga mobil tenaga hibrid memang lebih mahal dari pada harga mobil yang menggunakan bahan bakar minyak saja. Tahun 1930 sampai dengan 1950 adalah masa sulit mobil hibrid karena peminatnya yang kian menyusut. Hal itu diperparah dengan ditemukannya sumber ladang minyak yang baru sekitar tahun 1960. Akhirnya, mobil hibrid semakin tenggelam dan tergantikan oleh mobil berbahan bakar minyak. Meskipun mobil berbahan bakar minyak masih berjaya hingga sekarang, ternyata beberapa puluh tahun kemudian minat masyarakat terhadap mobil hibrid perlahan-lahan muncul kembali. Hal itu disebabkan karena produksi minyak tidak sebanyak dulu dan juga sedikitnya penemuan ladang minyak baru. Hal ini membuat orang-orang berpikir untuk mencari sumber tenaga lain. Ditambah lagi dengan isu dampak buruk akibat gas emisi mobil berbahan bakar minya. Faktor-faktor tersebutlah yang membuat mobil hibrid kembali dilirik produsen.

Manfaat Penemuan Mobil Hibrid dan Jenisnya Saat ini

Penemuan Mobil Hibrid

Penemuan mobil hibrid memiliki segudang manfaat. Meski dulu memang orang-orang belum terbuka dengan energi yang dapat diperbarui, kini pola pikir masyarakat sudah berubah. Transportasi yang ramah lingkungan mulai dilirik guna melestarikan alam. Untungnya mobil hibrid sudah ditemukan cukup lama sehingga produsen sekarang ini cukup memodifikasinya saja. Berikut ini adalah beberapa jenis mobil hibrid yang bisa anda timbang-timbang jika ingin membelinya.

  1. Honda Fit

Siapa yang tidak tahu Honda? Merk ini termasuk merk transportasi raksasa dan bisa dikatakan sebagai raja transportasi di Indonesia. Ternyata, Honda Fit juga mengeluarkan jenis hibrid. Selainkan menggunakan dua macam sumber tenaga, konsumsi bensin Honda Fit juga jauh lebih hemat. Bayangkan, setiap satu liter bensin bisa digunakan untuk menempuh jarak 30 km. Harganya juga sangat terjangkau yaitu sekitar 165 juta saja.

  1. Toyota Camri

Masih dari produsen keluaran jepang, kali ini mobil hibrid berbentuk sedan merk Toyota. Seri ini diberi nama Toyota Camri Hibrid. Desainnya sangat elegan dan cocok digunakan di jalanan kota. Konsumsi bahan bakarnya termasuk hemat ditambah dengan sumber energi cadangannya. Untuk harganya sendiri di Indonesia sekitar 555 juta rupiah.

  1. Honda CR-Z

Mobil hibrid seri ini termasuk murah di Indonesia masih dikisaran 500 juta rupiah. Mesin yang digunakan mampu menempuh kecepatan tinggi dengan konsumsi bahan bakar yang minimal. Kecepatan mesin Honda CR-Z adalah 200 km/jam. Sedangkan untuk konsumsi bahan bakarnya yaitu 17km/liter. Keunggulan lainnya adalah mobil ini menawarkan dua jeni transmisi yaitu transmisi manual 6 kecepatan dan CVT (Continuously Variable Transmission)

  1. Toyota Alphard

Jenis mobil hibrid berikutnya adalah Toyota Alphard. Mobil ini memiliki desain interior yang luas dan mewah. Ditambah lagi daya tampungnya cukup besar hingga 7 orang. Toyota Alphard mengeluarkan versi hibridnya dimana seri ini jauh lebih irit bahan bakar. Kapasitas tangki mobil ini adalah 65 liter, sangat cukup untuk menempuh perjalanan pajang. Harga Toyota Alphard Hibrid sekitar 850 juta rupiah.

  1. Lexus ES300H

Rekomendasi mobil hibrid yang terakhir adalah Lexus ES300H. Mobil ini berbeda dari lainnya karena mesinnya hampir tidak mengeluarkan suara. Kayu maple digunakan sebagai bagian depan mobil. Untuk bahan joknya terbuat dari kulit sehingga sangat nyaman. Harga mobil ini sekitar 900 juta rupiah. Mungkin anda akan berpikir harganya mahal padahal harga tersebut sebanding dengan kualitas yang didapat. Mobil ini memiliki mesin 4-silinder 2500cc yang ditambah dengan mesin elektrik untuk sistem hibridnya. Selain itu, tenaga sebesar 210 hp disalurkan ke roda belakang melalui transmisi eCVT.