Fakta Dibalik Penemuan Iphone dan Daftar Produk yang Masih Diproduksi

Fakta Dibalik Penemuan Iphone dan Daftar Produk yang Masih Diproduksi

Telpon pintar buatan Amerika ini menduduki peringkat satu baik dari kualitas maupun penjualannya. Meski harganya bisa dibilang sedikit lebih mahal ternyata hal tersebut tidak menyurutkan daya beli masyarakat. Faktanya, banyak orang yang rela membeli iPhone bekas dengan harga yang lumayan. Selain kualitas yang baik, pengguna iPhone juga memiliki nilai prestis tersendiri. Namun, tahukan anda sejarah dibalik penemuan iphone? Seperti yang anda ketahui, kesuksesan tidak hanya dibangun dalam satu malam. Begitu juga dengan sejarah berdirinya iphone. Berikut ini adalah pembahasan singkat bagaimana dulu telpon pintar ini dibuat hingga sekarang bisa sampai di tangan anda.

Rangkuman Sejarah Singkat Penemuan Iphone

Fakta Dibalik Penemuan Iphone dan Daftar Produk yang Masih Diproduksi

Awal mula penemuan iphone terjadi pada tahun 2004. Apple, perusahaan pembuat iPhone, memperkejakan 1000 orang karyawan baru termasuk Tony Fadell dan Jonathan Ive. Steve Jobs yang waktu itu menjabat menjadi CEO Apple membuat proyek yang dikenal dengan “Proyek Ungu” dimana mereka mengesampingkan iPad dan hendak mengembangkan telpon pintar. Biaya yang dikeluarkan untuk mengembangkan produk mereka juga tidak sedikit, sekitar USD 150 juta selama tiga bulan. Pada saat itu, produk keluaran Apple adalah iMac, iPad, dan iPod.

Peluncuran pertama iphone terjadi pada tanggal 9 Januari 2007, di Macworld 2007 convention. iPhone generasi 1 ini memiliki dua model dengan memori yang berbeda yaitu 4 GB yang dijual dengan harga USD 499 dan 8 GB yang dijual dengan harga USD 599. Tak disangka, ternyata pada peluncuran pertamanya iPhone laris manis hingga membuat pembeli rela mengantre sampai keluar toko. Karena fenomena tersebut, beberapa orang menyebutnya sebagai “Jesus Phone”. Kesuksesan iPhone membuat permintaan produknya melejit pesat di masyarakat, bahkan sampai keluar negeri. Pada tahun yang sama di bulan November, iPhone resmi dijual di Inggris, Prancis, dan Jerman.

Melalui penjualan iPhone, Apple mampu meraup keuntungan hingga USD 100.000. Mungkin anda bertanya-tanya apa yang membuat produk ini begitu digemari di pasaran mengingat harganya yang tidak murah. Apple mengedepankan kualitas produknya dan target pasar memang orang menengah ke atas. Oleh karena itu, harga iPhone sedikit lebih mahal dari pada telpon pintar lainnya. Meskipun begitu, Apple mampu membuktikan jika kualitas produknya memang tidak main-main.

Daftar Harga Produk Iphone Terbaru

Penemuan Iphone

Sudah sepuluh tahun lebih Apple mengeluarkan telpon pintar sejak penemuan iphone yang pertama. Tentu saja, dari segi spesifikasi dan desain iPhone mengalami cukup banyak perubahan. Mulai dari iPhone generasi satu, 3G, dan 3GS berukuran mini. Sejak awal rilis, iPhone sudah menggunakan layar sentuh sehingga dulu telpon pintar ini tampat sangat futuristik. Berlanjut ke iPhone 4 dan 4S desain iPhone sedikit berubah dengan gradasi dua warna pada casingnya. selanjutnya, untuk iPhone 5 terdapat 3 tipe berbeda yaitu iPhone 5, 5C, dan 5S. Sedangkan untuk iPhone 6 terdapat 4 seri yang berbeda yaitu 6,6 Plus, 6S, dan 6S Plus. Untuk seri-seri yang sudah disebutkan tidak lagi diproduksi oleh Apple. Harganya bekasnya juga jauh lebih murah. Anda bisa membelinya di berbagai toko HP.

  1. Seri iPhone 7

Seri ini diluncurkan pada tahun 2016 dengan 2 tipe yaitu iPhone 7 dan 7 Plus. Produk ini sudah tidak diproduksi sejak tahun 2019. Karena sudah termasuk produksi lama, banyak orang yang menjual bekasnya. Tentu saja harga bekasnya jauh lebih murah yaitu sekitar 3,5 sampai 4 juta rupiah. Untuk sistemnya iPhone ini bisa diupgrade hingga iOs terbaru.

  1. Seri iPhone 8

Sama seperti seri sebelumnya, seri ini juga memiliki 2 tipe yaitu 8 dan 8 plus. iPhone ini dirilis bulan september 2017 dan berhenti diproduksi bulan April 2020. Sistem iPhone ini bisa diupgrade hingga iOs terbaru. Untuk harga bekasnya sendiri sekitar 4,5 sampai dengan 5,5 juta rupiah.

  1. iPhone X

berbeda dengan seri-seri sebelumnya, jarak rilis antara iPhone X dan iPhone 8 hanya beberapa bulan saja. Seri ini rilis bulan september 2018. iPhone X memiliki beberapa tipe yaitu X, XS/ XS max, dan XR. Yang masih diproduksi hanya tipe XR saja. Harga iPhone ini masih lumayan tinggi yaitu sekitar 8 juta.

  1. iPhone 11

tidak bisa dipungkiri seri ini memperlihatkan perbedaan yang sangat mencolok dari seri-seri sebelumnya terutama di kamera belakang. Untuk iPhone 11 terdapat 2 kamera belakang. Sedangkan iPhone 11 Pro dan Promax terdapat 3 kamera belakang. Harga produk ini sekitar 12- sampai 15 juta rupiah.

  1. Iphone 12

Ini adalah seri terbaru iPhone yang rilis pada November 2020 lalu. Perbedaan desain yang mencolok terdapat pada bodynya yang mengingatkan pada iPhone 5 sehingga iPhone 12 lebih ramping dari pada iPhone 11. Harga iPhone 12 berkisar antara 17 sampai 21 juta.